Daerah

Terutama pasien yang tidak bisa duduk tetapi pakai tandu, sebelumnya memang ada fasilitas untuk oran

Trigana hentikan pelayanan penerbangan pasien Jayawijaya-Jayapura

Administrator | Rabu, 24 Januari 2018 - 11:21:41 WIB | dibaca: 179 pembaca

Wamena (liputanpapua.com) - Maskapai Trigana Air menghentikan sementara pelayanan penerbangan pasien dari Kabupaten Jayawijaya ke Jayapura sebab dua pesawat yang dioperasikan tidak memiliki fasilitas bagi pasien yang dalam keadaan tidur atau terbaring.

Kepala Trigana Wamena Maikel Biduri di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu mengatakan dua pesawat jenis ATR yang melayani masyarakat tidak bisa menerima pasien yang dalam keadaan tidur.

"Terutama pasien yang tidak bisa duduk tetapi pakai tandu, sebelumnya memang ada fasilitas untuk orang sakit, tetapi dengan tidak beroperasinya jenis Boeing, kita mengalami kendala dengan pasien yang harus dirujuk ke Jayapura. Kalau tidur, kami tidak bisa layani karena fasilitas di ATR itu tidak ada. Jadi itu salah satu hal yang kita sangat sayangkan," katanya.

Dari sejumlah maskapai penumpang di sana, hingga kini hanya Trigana yang menyediakan fasilitas khusus bagi pasien melalui pesawat jenis Boeing, namun pesawat itu masih dalam masa perawatan di luar wilayah Papua.

"Sampai saat ini hanya Trigana saja yang melayani pasien, tetapi dengan beroperasinya ATR, aktivitas untuk melayani pasien, khususnya yang tidur itu mohon maaf, bukan tidak mau menolong, tetapi karena kondisi pesawat tidak memungkinkan," katanya.

Ia mengatakan penghentian sementara penerbangan pasien gawat itu menjadi kendala dalam pelayanan kemasyarakatan, terutama pasien yang hendak dirujuk ke Jayapura dalam kondisi terbaring.

"Kecuali pasiennya masih bisa duduk, kita masih bisa layani tetapi kalau tidur memang tidak bisa," katanya.

Pesawat Trigana jenis boeing yang sebelumnya tersedia fasilitas bagi pasien, kini berada dalam masa perawatan sejak tanggal 16 Januari lalu dan dipastikan sudah beroperasi lagi sekitar tanggal 1 atau 2 Februari.

"Maintenance berlaku sejak 16 Januari 2018. Ada program perbaikan dari perusahaan, dimana pesawat boeing yang angkut penumpang dari Sentani ke Wamena dan sebaliknya untuk sementara ini tidak beroperasi," katanya. 
 
Sumber : Antaranews Papua 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)