Teknologi

Bakal Dimiliki Indonesia, Begini Canggihnya Jet Tempur F-16V

Administrator | Kamis, 08 Oktober 2015 - 16:04:32 WIB | dibaca: 432 pembaca

Pesawat F-16V (dok.Lockheed Martin)

Jakarta -- Bila berjalan mulus, TNI bakal memiliki jet tempur jenis F-16V besutan Locheed Martin asal Amerika Serikat. Indonesia akan yang negara pertama yang memiliki pesawat canggih. Seperti apa kemampuan dan isi di dalam kokpitnya?

Dijelaskan oleh Chief Test Pilot Paul Randal kendati termasuk jenis baru, sebenarnya tidak begitu sulit untuk mengoperasikan pesawat tempur ini. Dia menjelaskan " Sengaja dirancang dua stick(sebelah kanan dan kiri) agar pilot tidak mengalami kesulitan dan kesusahan dalam berpindah tangan."

Randal melanjutkan, di bagian kanan terdapat dua controller yang berfungsi untuk melepaskan peluru dan menembak lawan. Jet temput ini mampu melepaskan 20 peluru dan menembakkan 6 misil atau roket sekaligus dengan sekali tekan.

Lihat juga:
"Sementara di stick bagian kiri, ada pointer yang bekerja seperti mouse, ini yang memudahkan pengemudi untuk mengarahkan pesawat (air control)," tambahnya. 
Di bagian depan, ada juga tombol-tombol yang mengatur operasi pesawat, seperti mengatut ketinggian, sight atau fokus di depan yang berguna untuk menyerang lawan.

"Pilot juga semakin dimudahkan karena helm yang digunakan juga telah disematkan teknologi HUD yang memperlihatkan soal lokasi, ketinggian dalam formataugmented reality. Sehingga tidak menghalangi pandangan pilot dan keep in reality," sambungnya.

F-16V merupakan generasi keempat dari lini produk F-16. Pesawat tempur ini memiliki panjang 15 meter dengan tinggi 5 meter dan bentang sayap 10 meter. CNN Indonesia










Komentar Via Website : 2
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)