Kesehatan

Begini Tantangan Medan yang Dihadapi Tenaga Kesehatan di Pedalaman Papua

Administrator | Senin, 20 Juni 2016 - 10:49:25 WIB | dibaca: 574 pembaca

LIPUTANPAPUA.COM - Jayapura, Memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas yang terletak di Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) punya tantangan tersendiri dibandingkan dengan puskesmas kota. Satu hal yang jelas adalah pelayanan di puskesmas DTPK akan lebih sulit karena akses dan infrastrukturnya cenderung minim.

Di Papua misalnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi drg Aloysius Giyai, MKes, mengatakan seseorang bisa berjalan kaki puluhan kilometer untuk mencapai warga di kampung-kampung pedalaman. Oleh karena itu para tenaga kesehatan yang ingin atau akan berpraktik di DTPK umumnya memang perlu memiliki semangat mental ekstra.

Satu puskesmas di distrik Ambatkuy sebagai contoh memiliki jarak 120 kilometer dari kabupaten kota terdekat dan dengan jalan yang hanya bisa melalui hutan rimba. detikHealth bersama tim Nusantara Sehat yang terdiri dari tenaga kesehatan muda mencoba melaluinya dan memang memakan waktu hingga tiga hari menggunakan mobil berpenggerak empat roda.

Jalan yang licin dan berlumpur terutama ketika hujan membuat berkali-kali tim harus beristirahat dan bermalam di tengah hutan sebelum akhirnya tiba di puskemas.

"Ya itu makanya kendala terbesar kita di sini kalau ketemu pasien yang harus dirujuk bingung pakai apa. Ongkosnya besar. Dulu pernah ada pasien patah tulang, dari bukit naik ojek yang sudah dipesankan terus lewat jalan potong nyampainya bisa satu hari," kata Kepala Puskesmas Ambatkuy Roy Purba ketika berbincang dengan detikHealth.
 
Sumber : Detik.com 










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)